E-COMMERCE dan E-BUSINESS


Ø E-COMMERCE
A. Definisi
E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis. E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping, stock online dan surat obligasi , download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B).


B. Jenis-jenis
E-Commerce terdiri dari beberapa jenis berdasarkan karakteristiknya:
- Business-to-business EC (B2B)
- Collaborative commerce (c-commerce)
- Business-to-consument EC (B2C)
- Consumer-to-businesses (C2B)
- Consument-to-consument (C2C)
- Intrabusiness (intraorganizational) commerce
- Government-to-citizens (G2C) and others
- Mobile commerce (m-commerce)


C. Tujuan
Tujuan menggunakan sistem E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.


D. Unsur-Unsur
Adapun unsur-unsur pada e-commerce diantaranya sebagai berikut:
- Communications
- Business process
- Service
- Online
- Collaborations
- Community


E. Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan:
- Produk dan layanan bervariasi
- Mempersingkat rantai distribusi
- Pembayaran lebih mudah
- Brand lebih dekat dengan konsumen
- Belanja kapan saja
- Efisiensi biaya

Kelemahan:
- Ketergantungan yang sangat kuat pada teknologi informasi dan komunikasi
- Kurangnya undang-undang yang memadai untuk mengatur kegiatan e-commerce, baik nasional maupun internasional
- Budaya pasar yang menolak perdagangan elektronik (pelanggan tidak bisa menyentuh atau mencoba produk)
- Hilangnya privasi, cakupan wilayah, serta identitas dan perekonomian Negara
- Rawannya melakukan transaksi bisnis online
- Warna dan kualitas produk yang dijual belum tentu sama antara foto yang ditampilkan di website dengan produk asli


F. Contoh
Bizzy merupakan E Commerce pertama yang memiliki konsep B2B atau Business To Business di Indonesia. Bizzy menyediakan solusi bagi perusahaan yang memiliki masalah dalam hal pengadaan suplai dan jasa kebutuhan bisnis.


Ø E-BUSINESS
A. Definisi
E-Business adalah suatu kegiatan transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan dapat langsung berinteraksi dengan costumer, supplier maupun rekan bisnis. Atau arti yang lebih singkat dari e-business yaitu penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga dapat memperoleh keuntungan. Teknologi Informasi dan Komunikasi pada e-business digunakan untuk meningkatkan bisnis perusahaan yang mencangkup semua aspek yang berorientasi pada profit maupun nonprofit suatu perusahaan.


B. Jenis-jenis
E-Business terdiri dari beberapa jenis berdasarkan karakteristiknya:
- Business-to-consument (B2C)
- Business-to-business (B2B)
- Government-to-business (G2C)
- Consument-to-consument (C2C)


C. Tujuan
Tujuan menggunakan sistem E-Business untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data Sumber Daya Manusia, Keuangan, Supply Chain Management / Logistic Management. Selain itu juga berfungsi sebagai sarana komunikasi & informasi bagi publik dan stakeholder lainnya. Dengan berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.


D. Unsur-Unsur
Adapun unsur-unsur pada e-business diantaranya sebagai berikut:
a. Pelaku bisnis
Diantaranya seperti Organisasi, produsen atau perusahaan, supplier, rekan bisnis, konsumen dll.
b. Alat, media atau sumber daya yang digunakan
Diantaranya seperti Teknologi informasi dan komunikasi (Komputer, internet dll).
c. Kegiatan dan sasarannya
Diantaranya seperti kegiatan dan proses bisnis (pelayanan, penjualan dan transaksi) serta operasi bisnis utama.
d. Tujuannya
Diantaranya seperti komunikasi, koordinasi, pengolahan organisasi, transformasi proses bisnis dan berbagi informasi.
e. Beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan
Diantaranya seperti pendekatan yang relatif aman, lebih fleksibel, efesien, peningkatan produktivitas, peningkatan keuntungan, bisnis yang terintegrasi dll.


E. Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan:
- Akses yang mudah
- Lebih tepat sasaran
- Menghemat waktu
- Tidak membutuhkan modal yang besar

Kelemahan:
- Tidak adanya pertemuan secara langsung dengan konsumen maupun sebaliknya
- Beresiko terjadinya penipuan

F. Contoh
Beberapa contoh e-business saat ini yaitu koran atau media cetak yang ada berbasis online-nya, jadi tidak hanya media cetaknya saja. Banyak sekali media cetak yang menjalankan bisnisnya tidak hanya melalui media cetak saja tapi juga melalui media online di internet dan tentunya banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan misalnya seperti: berita yang bisa diakses kapan saja oleh seluruh masyarakat dan berita yang lebih update dll. Lalu contoh lainnya saat ini banyak sekali toko-toko fashion yang tidak hanya menjalankan bisnisnya di dunia nyata tapi mereka juga menjalankan bisnisnya dengan cara online.

Hubungan E-Business dengan E-Commerce
Secara prinsip, pengertian E-Business jauh lebih luas dibandingkan dengan E-Commerce; bahkan secara filosofis, E-Commerce merupakan bagian dari E-Business. Jika E-Commerce hanya memfokuskan diri pada aktivitas atau mekanisme transaksi yang dilakukan secara elektronik/ digital, E-Business memiliki wilayah yang jauh lebih luas, termasuk didalamnya aktifitas relasi antara dua entity perusahaan, interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya kolaborasi antara perusahaan dengan para mitra bisnisnya, pertukaran informasi antara perusahaan dengan para pesaing usahanya, dan lain sebagainya.

Perbedaan E-Business dengan E-Commerce
1. E-business mencakup area yang sangat luas, mulai dari pembangunan modal, sumber daya manusia, sumber daya teknologi, proses marketing dan pemasaran, manajemen perkantoran, proses audit, dan segala macam elemen lainnya. Sedangkan, e-commerce hanya berfokus pada proses jual beli atau pemindahtanganan yang dilakukan melalui proses transaksi secara elektronik di sebuah situs.
2. E-commerce merupakan bagian kecil dari sebuah e-business. Ibaratnya, apabila kita ibaratkan sebagai tubuh manusia, e-business adalah seluruh tubuh manusia, sedangkan e-commerce hanyalah bagian tangan kiri atau tangan kanan manusia saja.
3. E-commerce hanya membutuhkan spesifikasi dan jga kemampuan analisa dari segi penjualan dan transaksi saja. Sedangkan e-business membutuhkan pertimbanan matang dari berbagai aspek, mulai dari aspek pemasaran, produksi, dan sebagainya.


DAFTAR PUSTAKA
- http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2009/08/e-commerse-definisi-jenis-tujuan.html
- http://www.pengertianku.net/2016/06/pengertian-e-business-dan-contohnya.html
- http://www.progresstech.co.id/blog/jenis-e-commerce/
- https://bungsutaufikhidayat.blogspot.co.id/2017/01/makalah-e-business-e-commerce.html
- https://dosenit.com/jaringan-komputer/internet/perbedaan-e-commerce-dan-e-business

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "E-COMMERCE dan E-BUSINESS"

Posting Komentar