Ø E-COMMERCE
A.
Definisi
E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara
elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer
sebagai perantara transaksi bisnis. E-Commerce atau yang biasa disebut juga
dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang
rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI),
email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds
Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet
shopping, stock online dan surat
obligasi
, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan
lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B).
B.
Jenis-jenis
E-Commerce terdiri dari beberapa jenis berdasarkan karakteristiknya:
-
Business-to-business EC (B2B)
-
Collaborative commerce (c-commerce)
-
Business-to-consument EC (B2C)
-
Consumer-to-businesses (C2B)
-
Consument-to-consument (C2C)
-
Intrabusiness (intraorganizational) commerce
-
Government-to-citizens (G2C) and others
-
Mobile commerce (m-commerce)
C.
Tujuan
Tujuan menggunakan sistem E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce
maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan
keuntungannya.
D.
Unsur-Unsur
Adapun unsur-unsur pada e-commerce diantaranya sebagai berikut:
- Communications
- Business process
- Service
- Online
- Collaborations
- Community
E.
Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan:
- Produk dan layanan bervariasi
- Mempersingkat rantai distribusi
- Pembayaran lebih mudah
- Brand lebih dekat dengan konsumen
- Belanja kapan saja
- Efisiensi biaya
Kelemahan:
- Ketergantungan yang sangat kuat pada teknologi informasi dan komunikasi
- Kurangnya undang-undang yang memadai untuk mengatur kegiatan e-commerce,
baik nasional maupun internasional
- Budaya pasar yang menolak perdagangan elektronik (pelanggan tidak bisa
menyentuh atau mencoba produk)
- Hilangnya privasi, cakupan wilayah, serta identitas dan perekonomian
Negara
- Rawannya melakukan transaksi bisnis online
- Warna dan kualitas produk yang dijual belum tentu sama antara foto yang
ditampilkan di website dengan produk asli
F.
Contoh
Bizzy merupakan E Commerce pertama yang memiliki konsep B2B atau Business
To Business di Indonesia. Bizzy menyediakan solusi bagi perusahaan yang
memiliki masalah dalam hal pengadaan suplai dan jasa kebutuhan bisnis.
Ø E-BUSINESS
A.
Definisi
E-Business
adalah suatu kegiatan transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan melalui
perangkat elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan dapat
langsung berinteraksi dengan costumer, supplier maupun rekan bisnis. Atau
arti yang lebih singkat dari e-business yaitu penggunaan Teknologi
Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya
sehingga dapat memperoleh keuntungan. Teknologi Informasi dan Komunikasi
pada e-business digunakan untuk meningkatkan bisnis perusahaan yang
mencangkup semua aspek yang berorientasi pada profit maupun nonprofit suatu
perusahaan.
B.
Jenis-jenis
E-Business terdiri dari beberapa jenis berdasarkan karakteristiknya:
- Business-to-consument (B2C)
-
Business-to-business (B2B)
-
Government-to-business (G2C)
-
Consument-to-consument (C2C)
C.
Tujuan
Tujuan menggunakan sistem E-Business untuk mendukung efisiensi dan
integritas pengelolaan data Sumber Daya Manusia, Keuangan, Supply Chain
Management / Logistic Management. Selain itu juga berfungsi sebagai sarana
komunikasi & informasi bagi publik dan stakeholder lainnya. Dengan
berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan
hak akses yang telah ditentukan.
D.
Unsur-Unsur
Adapun unsur-unsur pada e-business diantaranya sebagai berikut:
a. Pelaku bisnis
Diantaranya seperti Organisasi, produsen atau perusahaan, supplier, rekan
bisnis, konsumen dll.
b. Alat, media atau sumber daya yang digunakan
Diantaranya seperti Teknologi informasi dan komunikasi (Komputer, internet
dll).
c. Kegiatan dan sasarannya
Diantaranya seperti kegiatan dan proses bisnis (pelayanan, penjualan dan
transaksi) serta operasi bisnis utama.
d. Tujuannya
Diantaranya seperti komunikasi, koordinasi, pengolahan organisasi,
transformasi proses bisnis dan berbagi informasi.
e. Beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan
Diantaranya seperti pendekatan yang relatif aman, lebih fleksibel, efesien,
peningkatan produktivitas, peningkatan keuntungan, bisnis yang terintegrasi
dll.
E.
Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan:
- Akses yang mudah
- Lebih tepat sasaran
- Menghemat waktu
- Tidak membutuhkan modal yang besar
Kelemahan:
- Tidak adanya pertemuan secara langsung dengan konsumen maupun sebaliknya
- Beresiko terjadinya penipuan
F.
Contoh
Beberapa contoh e-business saat ini yaitu koran atau media cetak yang ada
berbasis online-nya, jadi tidak hanya media cetaknya saja. Banyak sekali
media cetak yang menjalankan bisnisnya tidak hanya melalui media cetak saja
tapi juga melalui media online di internet dan tentunya banyak sekali
keuntungan yang bisa didapatkan misalnya seperti: berita yang bisa diakses
kapan saja oleh seluruh masyarakat dan berita yang lebih update dll. Lalu
contoh lainnya saat ini banyak sekali toko-toko fashion yang tidak hanya
menjalankan bisnisnya di dunia nyata tapi mereka juga menjalankan bisnisnya
dengan cara online.
Hubungan E-Business dengan E-Commerce
Secara prinsip, pengertian E-Business jauh lebih luas dibandingkan dengan
E-Commerce; bahkan secara filosofis, E-Commerce merupakan bagian dari
E-Business. Jika E-Commerce hanya memfokuskan diri pada aktivitas atau
mekanisme transaksi yang dilakukan secara elektronik/ digital, E-Business
memiliki wilayah yang jauh lebih luas, termasuk didalamnya aktifitas relasi
antara dua entity perusahaan, interaksi antara perusahaan dengan
pelanggannya kolaborasi antara perusahaan dengan para mitra bisnisnya,
pertukaran informasi antara perusahaan dengan para pesaing usahanya, dan
lain sebagainya.
Perbedaan E-Business dengan E-Commerce
1. E-business mencakup area yang sangat luas, mulai dari pembangunan modal,
sumber daya manusia, sumber daya teknologi, proses marketing dan pemasaran,
manajemen perkantoran, proses audit, dan segala macam elemen lainnya.
Sedangkan, e-commerce hanya berfokus pada proses jual beli atau
pemindahtanganan yang dilakukan melalui proses transaksi secara elektronik
di sebuah situs.
2. E-commerce merupakan bagian kecil dari sebuah e-business. Ibaratnya,
apabila kita ibaratkan sebagai tubuh manusia, e-business adalah seluruh
tubuh manusia, sedangkan e-commerce hanyalah bagian tangan kiri atau tangan
kanan manusia saja.
3. E-commerce hanya membutuhkan spesifikasi dan jga kemampuan analisa dari
segi penjualan dan transaksi saja. Sedangkan e-business membutuhkan
pertimbanan matang dari berbagai aspek, mulai dari aspek pemasaran,
produksi, dan sebagainya.
DAFTAR PUSTAKA
-
http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2009/08/e-commerse-definisi-jenis-tujuan.html
-
http://www.pengertianku.net/2016/06/pengertian-e-business-dan-contohnya.html
- http://www.progresstech.co.id/blog/jenis-e-commerce/
-
https://bungsutaufikhidayat.blogspot.co.id/2017/01/makalah-e-business-e-commerce.html
-
https://dosenit.com/jaringan-komputer/internet/perbedaan-e-commerce-dan-e-business
Belum ada tanggapan untuk "E-COMMERCE dan E-BUSINESS"
Posting Komentar